Cara Mengatasi Anak susah Makan

Cara Mengatasi Anak susah Makan


Tips Mengatasi anak susah makan yaitu dengan cara :
Hindari tindakan memaksa
Tindakan orangtua yang memaksa anaknya makan karena khawatir, justru dapat memancing ketegangan pada waktu makan. Hal ini dapat membuat anak kurang sensitif terhadap rasa lapar dikemudian hari.
Buat Tampilan makanan yang menarik
Saajian yang berwarna-warni akan menarik mata, sehingga diharapkan dapat membuat waktu makan menyenangkan. Coba mengkombinasikan berbagai sayur dengan warna berbeda, ketika disajikan bersama pasta atau sumber karbohidrat lain.
Goda dengan aroma makanan
Untuk menarik nafsu makan juga bisa melalui bau makanan yang menyenangkan dan menggoda. Bisa dengan menyajikan makanan hangat yang baru saja selesai dimasak atau menghangatkan makanan sebelum menyajikan agar hidung memiliki waktu untuk memicu selera makan.
Libatkan anak saat menyiapkan makanan 
Ajak anak-anak berbelanja dan menyiapkan makanan yang akan disajikan. Orang tua akan memiliki kesempatan mengetahui jenis makanan yang disukai anak, sekaligus menjelaskan nutrisi yang baik dan anak bisa memperoleh pengalaman lebih serta lebih bersemangat dalam makan.
Konsultasikan dengan dokter
Jika gangguan nafsu makan berlarut larut, konsultasikan kondisi tersebut dengan dokter. Kekurangan zat mineral tertentu, seperti zinc, diketahui dapat menurunkan nafsu makan.

Jangan terburu buru memberikan suplemen saat nak tampak susah makan. Selalu konsultasikan pemberian suplemen dengan dokter atau ahli gizi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar